Article Detail

SDM Tarakanita Memenuhi Standar Excellent Customer Service

Berdasarkan hasil survei (1000 random sampling orang tua dan peserta didik di seluruh sekolah Tarakanita 2011-2012), kualitas SDM yang meliputi layanan personal dan bantuan, ketanggapan, penampilan, dan sikap guru dan karyawan menduduki peringkat tertinggi dengan indeks 0,81. Kualitas layanan SDM ini tampak dalam gerakan dan implementasi sesuai standar penampilan, sikap tubuh, berkomunikasi, bertelepon, sikap guru mengajar, dan standar pengelolaan area kerja.

Pelayanan
memang menjadi bagian penting dalam seluruh proses bisnis pendidikan, sebab pelayanan itu bersentuhan langsung dengan para pelanggan (karyawan, peserta didik, orang tua, alumni dan masyarakat). Di tengah-tengah maraknya persaingan yang menuntut kualitas, pemahaman akan pentingnya pelayanan prima kepada pelanggan hendaknya menjadi prioritas, sehingga berimplikasi positif terhadap terealisasinya harapan-harapan pelanggan.

Panduan Dasar Pelayanan Prima merupakan standar yang dijadikan pedoman dan pegangan dalam proses mengembangkan pelayanan Yayasan Tarakanita. Pemahaman yang menyeluruh diharapkan melahirkan sebuah gerakan dan komitmen bersama untuk selalu berkembang lebih baik, khususnya dalam seluruh proses pelayanan pendidikan ini. Implementasi melalui berbagai gerakan bersama telah dilakukan, dan survei kepuasan pelanggan merupakan salah satu langkah penting dalam upaya memonitor dan mengevaluasi kualitas layanan yang sudah diberikan.

Tingkat kepuasan pelanggan perlu diukur dan diketahui sebagai proses identifikasi dan evaluasi keselarasan antara tujuan, produk dan nilai layanan dengan kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan. Selain itu, penilaian juga memberikan masukan dan rekomendasi tindakan perbaikan layanan dan peningkatan kinerja internal, baik untuk tingkat pengambil kebijakan maupun tingkat operasional pelaksana layanan. Enam (6) bidang layanan yang dijadikan indikator meliputi: Penerapan Visi-Misi dan Nilai-Nilai Sekolah, Pengelolaan kurikulum, KBM, dan kemajuan belajar,  Fasilitas dan Sarana-Prasarana penunjang, Hubungan sekolah dengan orang tua, Pengelolaan akses dan administrasi, serta Kualitas SDM.


Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment