Article Detail

Kreasi dan Inovasi Guru Tarakanita bagi Peserta Didik

Para Guru dari jenjang KB/TK sampai dengan SMA/K Tarakanita menjadi bagian dalam OSTAR Nasional dengan mengikuti Lomba Cipta Media Pembelajaran, Kamis-Jumat 14-15/11. Bertempat di ruang kelas SMA Tarakanita Gading Serpong Tangerang, para Guru yang lolos seleksi di masing-masing wilayah maju ke tingkat nasional untuk saling berbagi pengetahuan tentang media pembelajaran melalui lomba dan presentasi media belajar, baik yang sifatnya non-teknologi informasi (alat peraga) maupun media teknologi informasi.

Seperti diketahui bersama, proses belajar mengajar memiliki banyak faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. Faktor-faktor tersebut diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik serta media pembelajaran. Realita yang terjadi, pembelajaran seringkali hanya berorientasi pada proses pengajaran saja, sehingga berlangsung tidak efektif. Hal tersebut berdampak pada banyaknya waktu, tenaga dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai.

Kondisi tersebut memerlukan kehadiran media pembelajaran yang akan memperkaya proses pembelajaran baik dengan media tulis maupun lisan. Dengan tersedianya media pembelajaran, guru dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat di antara peserta didik. Bahkan media pembelajaran ini dapat membantu guru membawa dunia luar ke dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan asing sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila media pembelajaran ini dapat difungsikan secara tepat dan proporsional, maka proses pembelajaran akan dapat berjalan efektif. Untuk itu diperlukan pendidik atau guru yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan dan memanfaatkan media pembelajaran.*ASK

 

 
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment