Article Detail

Wakasis Perdalam Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Siswa

Peserta didik adalah subyek kegiatan pembelajaran baik yang sifatnya terintegrasi dalam intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan dari berbagai aktivitas dan kegiatan pembelajaran selalu mengarah pada layanan peserta didik. Karenanya, desain kegiatan hendaknya menjadi strategy yang berorientasi pada ketercapaian tujuan (goal) yang diperkuat melalui indikator-indikator ketercapaian yang dimunculkan (evidence). Dalam rangka menyegarkan kembali pemahaman mengenai Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Siswa (P3S), dilaksanakanlah Rapat Kerja Bidang Kesiswaan Yayasan Tarakanita yang dihadiri oleh 24 Wakasis perwakilan Wilayah dan Jenjang di Tarakanita Development Center, 29-31/10/14.

Tujuan dan sasaran dilaksanakannya Raker tersebut adalah untuk melakukan evaluasi terhadap pengelolaan kegiatan kesiswaan, menyusun kajian dan evaluasi terhadap desain P3S, serta melakukan penyempurnaan dan pelengkapan desain P3S yang sudah ada. Difasilitasi oleh Divisi Pendidikan Sub. Divisi Pengembangan Kesiswaan, para peserta diajak untuk melakukan evaluasi terhadap keterlaksanaan dan pengelolaan kegiatan kesiswaan selama ini, melakukan analisa terhadap desain pengelolaan kegiatan kesiswaan melalui Logic Model, dan melakukan analisa P3S dengan menggunakan pendekatan Backward Desain. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh desain pengelolaan kegiatan kesiswaan di Sekolah Tarakanita berangkat dari rumusan tujuan yang sama (goal), terukur melalui pencapaian indikator keberhasilan yang diharapkan (evidence), dan efektif melalui berbagai kegiatannya (strategy). *ASK

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment