Article Detail

SUSUN KURIKULUM TARAKANITA, TANGGAPI TANTANGAN PENDIDIKAN GLOBAL

Memasuki tahun reorientasi dalam pentahapan Rencana Strategis menuju Tarakanita Baru, Divisi Pendidikan Yayasan Tarakanita memfasilitasi proses analisis, kajian, dan penyusunan kurikulum berciri khas. Tujuannya tidak lain adalah pengembangan Kurikulum Tarakanita sebagai kurikulum yang memiliki keunggulan dan diferensiasi berciri khas Tarakanita, berbasis Pendidikan Karakter yang bermuara pada Keunggulan Akademik dan Karakter Peserta Didik. Kegiatan tahap pertama diadakan di Rumah Doa Guadalupe Jakarta Timur dari tanggal 30/8-2/9/16. Hadir sebagai peserta 52 guru jenjang SD, SMP, dan SMA dari seluruh sekolah Tarakanita, didampingi oleh para Kepala Divisi Pendidikan Wilayah dengan difasilitasi oleh Dr. Nancy Susiana, M.Pd. sebagai narasumber.

 
Sr. Marie Yose, CB selaku Ketua Pengurus dalam pengantar acara mengingatkan bahwa layanan pendidikan mengejawantahkan spiritualitas Bunda Elisabeth, mewartakan khabar sukacita Injil, dan berkomitmen dalam menanggapi persoalan-persoalan kehidupan yang penuh tantangan dengan tetap berpihak pada mereka yang membutuhkan. Dasar spiritualitas inilah yang hendaknya juga menyertai seluruh proses penyusunan kurikulum di sekolah. Hadir juga Sr. Dr. Yustiana, CB yang menyampaikan materi tentang Arah Dasar Sekolah Katolik. Sr. Dr. Yustiana CB menegaskan bahwa sekolah hendaknya semakin profesional dan semakin berkualitas unggul, karena hal itu juga menjadi salah satu karakteristik sekolah-sekolah katolik. Lembaga pendidikan katolik berperan sebagai media pewarta khabar gembira yang unggul dan berpihak pada yang miskin, setia terhadap pencerdasan kehidupan bangsa, setia terhadap ciri khas Katolik dan setia terhadap semangat luhur pendiri.
 
Diskusi spesifik tentang kurikulum diawali dengan pemahaman dasar mengenai paradigma berpikir Backward Design yang disampaikan oleh Bp. Amb. Sigit Kristiantoro, dilanjutkan dengan pemahaman framework kurikulum Tarakanita berdasarkan kajian terhadap Kurikulum Nasional, Kurikulum Internasional, dan Konsep Pendidikan Karakter Tarakanita oleh Bp. Yosef Todarung. Langkah penyusunan kurikulum dipandu oleh Dr. Nancy Susiana, M.Pd diawali dengan pemahaman mengenaii model dan metode pembelajaran, pemetaan kompetensi berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasarnya, sampai dengan mekanisme penyusunan indikator dan penilaian. Tahapan kajian dan penyusunan kurikulum masih akan dilanjutkan sampai dengan tahap keempat sesuai dengan yang direncanakan. (ASK)

 
 
 
Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment