Article Detail

Karya Tulis Ilmiah: Unjuk Karya Guru dan Para Peneliti Muda Tarakanita

Pemanfaatan sains dan teknologi merupakan salah satu prasayarat penting bagi terbentuknya daya saing dan kemajuan proses pembelajaran. Diperlukan berbagai upaya agar sains dan teknologi tersebut dapat terintegrasi dalam proses pembelajaran sehingga dapat dimanfaatkan secara kritis sekaligus bertanggungjawab. Salah satu upaya untuk mengintegrasikan pemanfaatan sains dan teknologi tersebut melalui penyelenggaraan lomba karya ilmiah yang diselenggarakan oleh  Yayasan Tarakanita Januari-Maret 2015.

Lomba ini merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi seluruh peserta didik sekolah-sekolah Tarakanita mulai dari kelas V/VI jenjang SD, SMP, sampai jenjang SMA/K yang memiliki ketertarikan di bidang penelitian, guna meningkatkan kesadaran dan kemampuan dalam menganalisa permasalahan untuk mencari solusi yang tepat melalui penelitian dan aplikasi sains serta teknologi dalam pembelajaran. Selain peserta didik, para guru juga berkesempatan untuk mengikuti lomba sejenis yaitu penulisan karya ilmiah populer (artikel, esai, scientific feature, atau resensi).

Sampai dengan batas akhir pengumpulan pada 12 Maret 2015, terkumpul sejumlah 126 Proposal Penelitian Ilmiah (karya peserta didik) dan 131 karya tulis ilmiah populer (karya bapak-ibu guru). Penjurian dan penilaian hasil karya dilaksanakan pada Kamis, 16 April 2015 bertempat di Tarakanita Development Center Rawamangun. Adapun para juri untuk hasil karya peserta didik berasal dari  LIPI yang terdiri dari Ir. Joko Triwibowo M.Sc., M.T. (Bidang IPT), M. Soekarni, SE, M.Si (Bidang IPS), dan Dr. Achmad Dinoto (Bidang IPA). Sementara juri untuk hasil karya guru terdiri dari St. Kartono (Guru dan Penulis), Ag. Harsono dan Ario Bimo (Grasindo).

Setelah melalui tahap seleksi, penjurian, dan penilaian, berikut ini disampaikan peringkat kejuaraan dan pemenang untuk kategori Peserta Didik (Klik DISINI) dan kategori Guru (Klik DISINI). Selamat dan Proficiat kepada para pemenang, semoga dapat memotivasi untuk pembelajaran yang lebih baik.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment